Ini dia tempat yang menjadi Jantung Lombok Timur

Kebun Raya Lemor, yang terletak di Kecamatan Suela, Lombok Timur, adalah sebuah taman botani yang memukau dengan keanekaragaman hayati yang kaya. Nama “Lemor” sendiri berasal dari bahasa Sasak, yang berarti ‘sejuk’ atau ‘dingin,’ mencerminkan suasana tenang dan menyejukkan dari tempat ini. Kebun ini didirikan dengan tujuan untuk melestarikan flora lokal dan menyediakan tempat rekreasi alami bagi masyarakat dan wisatawan.

Kebun Raya Lemor membentang di lahan yang sangat luas dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Saat Anda memasuki kebun ini, Anda akan disambut oleh pepohonan tinggi yang rimbun, udara segar, dan suara gemericik air dari sungai yang mengalir di tengah-tengah kebun. Kebun ini dihiasi dengan berbagai jenis tumbuhan tropis, mulai dari bunga-bunga indah hingga tanaman obat yang langka.

Di dalam kebun, terdapat berbagai zona yang didedikasikan untuk berbagai jenis tanaman, termasuk koleksi anggrek yang eksotis, taman palem yang elegan, dan area hutan hujan mini yang menakjubkan. Setiap sudut kebun ini menyuguhkan pemandangan yang unik dan menarik, membuat setiap kunjungan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Fasilitas kebun Raya Lemor

Kebun Raya Lemor tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga berbagai fasilitas yang menarik bagi pengunjung dari segala usia:

1. Jalan-Jalan di Alam Bebas

2. Piknik di Tengah Alam:

  • Ada beberapa area yang sempurna untuk piknik bersama keluarga dan teman-teman. Bawalah bekal dan nikmati makan siang di bawah pohon yang rindang.

3. Edukasi dan Konservasi:

  • Kebun ini juga berfungsi sebagai pusat edukasi bagi mereka yang tertarik mempelajari flora lokal dan upaya konservasi. Sering diadakan kegiatan edukatif untuk anak-anak dan dewasa tentang pentingnya pelestarian alam.

4. Fotografi Alam:

  • Tempat ini adalah surga bagi para fotografer alam. Setiap sudut kebun menyajikan peluang untuk mengabadikan keindahan flora dan fauna dalam berbagai bentuk dan warna.

5. Area Bermain Anak:

  • Bagi keluarga dengan anak-anak, Kebun Raya Lemor menyediakan area bermain yang aman dan menyenangkan, di mana anak-anak dapat bermain sambil belajar tentang alam.

Kebun Raya Lemor terletak di Desa Suela, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur. Jaraknya sekitar 50 km dari pusat kota Mataram dan dapat dicapai dalam waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dengan mobil. Jalan menuju kebun ini relatif baik, dan perjalanan menuju ke sana akan membawa Anda melewati pemandangan pedesaan yang indah dan bukit-bukit yang hijau.

Dengan keanekaragaman flora yang menakjubkan, suasana yang sejuk, dan berbagai aktivitas menarik, kebun ini menawarkan pengalaman wisata yang tidak hanya menyegarkan, tetapi juga mendidik dan menginspirasi. Jadi, jika Anda berkunjung ke Lombok Timur, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pesona alam di Kebun Raya Lemor

Kamu mungkin menyukai