Kekayaan alam Desa Sambori Bima Nusa Tenggara Barat

Desa Sambori, yang terletak di dataran tinggi Kabupaten Bima, NTB. adalah sebuah permata tersembunyi yang menawarkan keindahan alam dan kekayaan budaya yang luar biasa. Dikelilingi oleh pegunungan yang menjulang dan hutan tropis yang rimbun, Sambori adalah tempat di mana alam dan budaya bertemu dalam harmoni yang sempurna. Dengan kehidupan tradisional yang tetap terjaga dan panorama alam yang memukau.

Alam Desa Sambori

Desa Sambori berada di ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut, yang menjadikannya tempat yang ideal untuk menikmati udara sejuk pegunungan dan pemandangan alam yang menakjubkan. Pegunungan dan lembah yang mengelilingi desa ini menciptakan lanskap yang dramatis dan indah. Desa Sambori dikelilingi oleh pegunungan yang menawarkan pemandangan yang spektakuler dan jalur trekking yang menantang. Hutan tropis yang lebat di sekitar desa ini menjadi rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna, termasuk beberapa spesies endemik yang hanya dapat ditemukan di daerah ini. Trekking melalui hutan-hutan ini memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan alam yang masih terjaga dan merasakan ketenangan yang luar biasa.

Air Terjun

Salah satu daya tarik utama di Desa Sambori adalah keberadaan air terjun yang indah dan masih alami. Air Terjun Oi Marai dan Air Terjun Oi Fanda adalah dua di antaranya yang paling populer. Dengan air yang jernih dan segar, air terjun ini menawarkan pengalaman yang memukau dan menyegarkan bagi pengunjung yang ingin merasakan sentuhan alam yang murni. Air terjun ini juga menjadi tempat favorit untuk berenang dan bersantai di tengah keindahan alam.

Kehidupan dan Budaya Tradisional

Masyarakat Desa Sambori menjalani kehidupan yang tenang dan tradisional, yang sangat terkait dengan alam dan warisan budaya mereka. Mereka menjaga dan merayakan tradisi dan adat istiadat yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Desa Sambori juga dikenal dengan rumah-rumah tradisionalnya yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti kayu dan bambu. Rumah-rumah ini dirancang dengan cara yang sederhana namun efisien, sesuai dengan lingkungan alam mereka. Kehidupan di desa ini berjalan dengan ritme yang tenang, di mana masyarakatnya hidup selaras dengan alam dan saling mendukung dalam komunitas yang erat.

Berkemah di Pegunungan

Bagi para penggemar berkemah, Desa Sambori menyediakan lokasi-lokasi berkemah yang ideal di tengah alam yang indah. Berkemah di pegunungan sekitar desa ini memberikan kesempatan untuk benar-benar merasakan kedamaian dan keindahan alam. Dengan langit malam yang dipenuhi bintang dan suara alam yang menenangkan, berkemah di sini adalah cara yang sempurna untuk melepaskan diri dari kesibukan sehari-hari dan menikmati keindahan alam yang murni.

Pemberdayaan Ekonomi dan Kerajinan Lokal

Desa Sambori tidak hanya mempertahankan tradisi dan budayanya, tetapi juga memanfaatkan keterampilan mereka untuk mendukung ekonomi lokal melalui kerajinan tangan dan pariwisata. Kerajinan tenun ikat di Sambori adalah sumber penghasilan utama bagi banyak keluarga di desa ini. Produk-produk tenun yang indah ini dijual di pasar lokal dan diekspor ke luar daerah, membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat desa. Dengan meningkatnya minat terhadap produk-produk buatan tangan dan otentik, kerajinan tenun dari Sambori memiliki potensi besar untuk terus berkembang dan mendukung ekonomi lokal.

Kamu mungkin menyukai