Sejarah dan Makna lagu Inak tegining Amak teganang

“Inak Tegining Amak Teganang” adalah salah satu lagu tradisional yang berasal dari Pulau Lombok. Lagu ini mencerminkan kekayaan budaya dan warisan musik dari masyarakat Sasak, etnis mayoritas di Lombok. Sebagai sebuah lagu daerah, “Inak Tegining Amak Teganang” tidak hanya menghibur tetapi juga menyampaikan cerita dan nilai-nilai yang penting bagi komunitas Sasak.

Sejarah dan Makna Lagu

“Inak Tegining Amak Teganang” merupakan bagian dari tradisi lisan yang telah diturunkan secara turun-temurun di kalangan masyarakat Sasak. Lagu ini biasanya dinyanyikan dalam bahasa Sasak, dengan lirik yang menggambarkan kehidupan sehari-hari, keindahan alam, serta nilai-nilai kearifan lokal.

Isi Lagu

Lirik lagu “Inak Tegining Amak Teganang” menceritakan tentang berbagai aspek kehidupan di Lombok, seperti keindahan alam pulau, keramahan penduduknya, serta nilai-nilai kehidupan yang dijunjung tinggi dalam budaya Sasak. Lagu ini sering kali dipakai sebagai sarana untuk menyampaikan nilai-nilai moral dan tradisional kepada generasi muda, serta sebagai ungkapan rasa cinta terhadap tanah air.

berikut lirik lagu “inak tegining Amak teganang”

Leq jaman laeq araq sopoq cerite, Inaq Tegining Amaq Teganang arane.

Pegaweane ngarat sampi leq tengaq rau.

Sampin sai tekujang tekujing leq tengaq rau. Inaq Tegining Amaq Teganang epe ne.

Ongkat dengan Tegining Teganang lueq cerite. Ngalahin datu si beleq beleq ongkatne

Leq jaman laek araq sopoq cerite,

Peran dalam Budaya Sasak

Lagu-lagu tradisional seperti “Inak Tegining Amak Teganang” memiliki peran penting dalam mempertahankan identitas budaya Sasak. Mereka tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai alat untuk memelihara dan meneruskan nilai-nilai budaya yang khas bagi masyarakat Lombok.

Situs Media Informasi dan Promosi Pariwisata NTB

Kamu mungkin menyukai